Friday, May 3, 2013

mercusuar pertama di dunia



Mercusuar Pharos di Alexandria adalah mercusuar pertama didunia  dengan tinggi 137 m bangunan tertinggi kedua kala itu (bangunan pertama yang tinggi adalah piramida Cheops di Giza ) dibangun pada tahun 209 SM dibangun dengan batu pualam yang sangat besar.bagian bawahnya berbentuk seperti kotak raksasa.Diatasnya terdapat menara bersegi delapan dan dipuncaknya terdapat kubah yang bagian atasnya terbuka.Api yang menyala didalam kubah membimbing kapal-kapal menuju kepelabuhan dengan selamat. Penulis-penulis kuno menuliskan bahwa cermin berukir didalam kubah tersebut dapat memantulkan cahaya sampai sejauh 160 km.bebarapa mengklaim bahwa bangsa Mesir menggunakan cermin tersebut untuk menampung cahaya dan membakar kapal musuh.

siapakah yang membuat Mercusuar Pharos?
ketika Alexander Agung mangkat,seorang Jenderalnya menjadi firaun di Mesir dan memakai nama Ptolemaios Soter.pada masa inilah pembanguan Mercusuar Pharos dimulai dengan seorang arsitek bernama Sostrates. Ketika mercusuar pharos selesai dibangun,putra Ptolemaios II naik tahta.Arsitek Sosrates sangat bangga akan hasil karyanya dan ingin mengukir namanya di batu pondasi.Ptolemaios II bersikukuh bahwa namanyalah yang harus diukir disana. Sosrates tau tidak mungkin ia mendebat sang firaun,tetapi akhirnya ia memiliki ide yang cerdik,ia mengukir namanya sendiri di batu lalu menutupinya dengan plester di plester ia ukir nama Ptolemaios.
seiring waktu,plesternya rontok dan terkuaklah nama sang arsitek sehingga semua orang tau persis seperti yang sosrates rencanakan.

copywrite : Selidik National Geografic Yunani Kuno,Marni Mcgee
copyimage: socialstudiesforkids.com


0 comments:

Post a Comment