Friday, September 2, 2016

pertentangan Cina,jepang,dan Rusia memperebutkan Korea



Diakhir abad ke 19 Cina dan Jepang saling memperebutkan wilayah Korea,mereka saling terlibat dalam urusan dalam negeri Korea,tetapi mereka membuat kesepakatan akan saling memberitahukan apabila mengirimkan  pasukan ke Korea.
Mei 1894 terjadi pemberontakan kepada Raja Korea karena Raja tersebut dianggap lemah. Pertentangan antara Jepang dan Cina membuat rakyat Korea tidak tentram. Raja Korea akhirnya meminta bantuan Cina untuk membantunya mengatasi pemberontakan tersebut.
10 Juni 1894 Cina mengirimkan dua ribu pasukan dan tidak lupa memberitahukan kepada Jepang mengenai pengiriman pasukan tersebut,karena sebelumnya antara Cina dan Jepang telah ada kesepakatan untuk saling bekerjasama dalam mereformasi Korea. Tetapi Jepang mengganggap Cina terlambat memnginformasikan hal tersebut,oleh karena itu Jepang membalasnya dengan mengirimkan pasukan ke Korea dengan jumlah 12 Ribu pasukan.
Cina berpendirian bahwa mereka sendiri yang akan menyelesaikan permasalahan di Korea, akibatnya perang antara Jepang Cina tak dapat dihindarkan dan kekalahanpun ada di Cina sehingga Korea pun jatuh ke tangan Jepang. (perang Sino Jepang)
Berkuasanya Jepang di Korea membuat jengkel orang Korea,baru saja mereka lepas dari Cina,kini mereka harus dijajah oleh Jepang,akibatnya timbul anti Jepang pimpinan Ratu Min di Seoul yang dipengaruhi oleh Rusia.Mengapa Rusia bisa mempengaruhi?karena antara Korea dan Rusia telah terjadi hubungan persahabatan & perdagangan yang telah ditandatangani pada tanggal 7 Juli tahun 1884.
Jepang menyadari bahwa keberadaan mereka tidak disukai oleh masyarakat Korea,maka satu-satunya cara menaklukan Korea adalah dengan bayonet.halangan utama  adalah Ratu Min oleh sebab itu maka untuk mencapai tujuannnya halangan utama tersebut harus disingkirkan dengan cara membunuh Ratu Min oleh agen Jepang.
11 Februari 1896 Raja Li Hsi kabur dari istana dan meminta perlindungan dari kedutaan Rusia,dan ini adalah kesempatan Rusia untuk menentang pengaruh Jepang terhadap Korea. Raja Li Hsi dari tempat perlindungannya mengeluarkan skema reformasi yang dipengaruhi rusia dan membatalkan berbagai kebijakan Jepang.
14 Mei 1896 terjadi Konvensi Seoul ditegaskan oleh persetujuan Lobanov Yamagata,menandai penguasaan Korea oleh Jepang dan Rusia. Rusia Jepang mengakui kemerdekaan Korea membantu reformasi Li Shi dan bagi untung dalam pembangunan KA dan telegraf.
1897 Misi Militer Rusia datang ke Korea dan Li Shi menunjuk Alexiev sebagai penasehat keuangan.
1898 terjadi kesepakatan dengan Jepang dan akhirnya misi Militer Rusia dan penasehat keuangan ditarik kembali dan Jepang dibiarkan sendirian untuk mengembangkan kebijaknnya di Korea.
            Ketertarikan Rusia terhadap Korea tidak berhenti begitu saja para spekulator dan grup investor Rusia mendirikan PATUEK di Korea dan Manchuria. Pendirinya adlah Kapten Kavaleri Bezobrazov dan Laksamana Abaza.Merupakan hal aneh melihat Rusia masih membutuhkan banyak hutan lagi di daerah yang berbahaya sebagai sumber kesulitan internasional.padahal Rusia termasuk salahsatu penghasil kayu terbesar di dunia.
Jepang sebagai negara yang juga menguasai Korea dan telah sekian lama bernegosiasi dengan Rusia tetapi tidak mendapatakan hasil apapun,akhirnya tanpa pernyataan terlebih dahulu menyerang armada Rusia di Port Arthur.
1904  perang Rusia Jepang pun terjadi
5 September 1905 terjadi perjanjian Portsmouth antara Jepang dan Rusia yang ditengahi oleh Amerika (Roosevelt) dan hasil perjannjian tersebut Rusia kalah dan mengakui kepentingan Jepang di Korea.
1907 terjadi konvensi Rusia Jepang yg ditandatangani oleh Iswolsky dan Motono menandai konsolidasi hubungan damai kembali dibangun oleh Jepang dan Rusia.Menurut konvensi ini Rusia berjanji tidak mengintervensi kegiatan Jepang di Korea dan sebaliknya Jepang pun tidak ikut campur urusan Rusia di Mongolia . Dengan demikian secara resmi Jepang mulai menganeksasi Korea tahun 1910.

Sumber : Frassminggi Kamasa,Perang Korea (Narasi:2016)

0 comments:

Post a Comment